Selasa, 17 Februari 2015

TIPS MELOLOH ANAKAN LOVEBIRD BAGI KULI ALA ARF LA



Istilah hand feeding biasa digunakan dalam dunia penangkaran burung. Hand feeding artinya memberikan makanan anakan burung dengan bantuan tangan manusia (bukan indukan burung). Dengan hand feeding akan diperoleh burung yang jinak dan lebih mudah dalam pemeliharaan.

Tiap penangkar memiliki cara dan aturan tersendiri dalam melakukan hand feeding. Terdapat beberapa aturan baku yang harus dilakukan dalam hand feeding. Pertimbangan utama yang harus di lakukan sebelum memutuskan untuk melakukan hand feeding adalah ketersediaan waktu untuk melakukan hand feeding pada jam-jam tertentu dan ajeg. Faktor lain yang juga perlu untuk dipertimbangkan adalah tingkat kesabaran yang cukup tinggi. Melakukan hand feeding bukan pekerjaan yang ringan seperti yang terlihat, namun dengan berjalannya waktu berbagai kendala akan dapat teratasi dengan mudah.

Bagi orang yang sibuk bekerja atau menjadi kuli bisa saja melakukan hand feeding dengan cara yang berbeda dengan orang yang mempunyai banyak waktu luang. Hal ini bisa kita siasati menggunakan waktu longgar sepulang dari kantor. Kebanyakan orang meloloh anakan Lovebird pada siang hari hal ini bertolak belakang bagi orang yang sibuk, caranya bagi orang yang sibuk meloloh anakan LoveBird dilakukan pada sore hingga malam hari dengan waktu tertentu yang bisa ajeg / rutin. Intinya waktu meloloh siang diganti waktu malam. Jadi mengistirahatkan pencernaan burung pada siang hari.

Peralatan yang dibutuhkan :
1. Potongan Gelas Air Mineral berbahan plastic di potong menyerupai sendok yang lancipukurannya  sesuai paruh anakan burung LoveBird
2.      Cangkir / mangkuk kecil sebagai tempat adonan
3.      Sendok untuk mengaduk adonan.
4.  Thermometer untuk mengukur suhu adonan yang akan diberikan pada anakan LoveBird, Adonan hangat untuk merangsang nafsu makan anakan lovebird. Suhu adonan yang terlalu panas bisa membakar / merusak tembolok.
5.     Kertas Tissue yg sudah dibasahi pake air untuk membersihkan sisa lolohan yang tercecer atau menempel di tubuh anakan burung LoveBird


Waktu Loloh Anakan LoveBird di Penangkaran ARF mulai umur dibawah 10 hari.
1.     Jam 06.00 Pagi anakan LoveBird mulai di loloh
2.    Jam 14.00 / 15.00 WIB sore Lolohan kedua. (hal ini dikarenakan pada jam tertentu tdk ada waktu buat loloh anakan LoveBird)
3.     Jam 17.00 WIB menu makan ke Tiga
4.     Jam 20.00 WIB menu makan ke Empat.
5.     Jam 23.00 / 00.00 WIB menu makan ke Lima
      Perubahan waktu meloloh seiring perubahan umur anakan burung LoveBird

#Mulai usia 2 mingguan bisa di loloh 2-3 kali lolohan.
Hasilny burung tetep sehat dan cepet gede.







Pengalaman penangkaran ARF Mulai meloloh anakan LoveBird mulai umur 3 Hari, Alhamdulillah atas izin Allah anakan LoveBird tumbuh dengan baik dan sehat. Dengan catatan anakan burung yang di sapih dari indukan harus sehat.

Semoga bermanfaat !

2 komentar:

  1. perlu inkubator tidak untuk anakan lovebird umur 1 hari ?

    BalasHapus
  2. Kalo malem jam 2 tembolok kosong apa harus di loloh ?

    BalasHapus